Minggu, 25 Maret 2012

Sistem Keamanan Bank Di Indonesia



Apa itu Bank?

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca berarti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut undang-undang perbankan. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Industri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Industri ini menjadi lebih kompetitif karena deregulasi peraturan. Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan deposan.

Setiap bank pasti mempunyai sistem keamanan yang berbeda - beda. Di zaman yang serba teknologi ini, saya yakin semua punya sistem keamanan andalan masing - masing. Hanya dengan mengkonfirmasi sebuah pesan, para nasabah sudah bisa bertransaksi satu sama lain.


Biarpun demikian, setiap metode keamanan pasti mempunyai celah. celah dimana setiap oknum bisa saja menerobos keamanan sistemnya dan melakukan tindakan kriminal. seperti kasus yang sudah - sudah, kebanyakan kasus jebolnya sistem keamanan bank dilakukan oleh oknum/pegawai bank itu sendiri. dengan memanfaatkan jabatannya, dia bisa seenaknya keluar masuk sistem dan menggunakannya untuk memperkaya dirinya sendiri. contohnya seperti Malinda Dee. diluar dari itu, juga seringkali terjadi kejahatan Carding. dengan memalsukan kartu ATM nasabah dan memalsukan kartu kreditnya. dan pihak bank tidak mudah mengeluarkan biaya penggantinya, mereka hanya mau mengeluarkan bila kita mempunyai bukti - bukti yang benar kuat.

Sekarang ini menyimpan uang di bank tidak hanya menimbulkan rasa aman, tetapi juga rasa khawatir dan waspada akan terjadinya hal - hal diatas. mengapa demikian? karena satu alasan, masyarakat butuh tempat untuk menyimpan uang dalam jumlah besar. tetapi karena alasan lainnya, mereka juga jadi khawatir dan waspada karena terjadinya kasus - kasus pembobolan keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar