Rabu, 05 Oktober 2011

Resume Kelompok 1: Arti Penting Organisasi Dalam Bermasyarakat

Pada hari Selasa tanggal 4 Oktober 2011, kelompok saya mempresentasikan tentang "Arti Penting Organisasi Dalam Bermasyarakat" di dalam mata kuliah Teori Organisasi Umum (softskill) sebagai kelompok 1. berikut ini adalah sedikit resume dari saya..

Organisasi adalah suatu perkumpulan, tempat atau wadah dimana ada sekumpulan orang yang menjalani aktivitas untuk tujuan bersama dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien dan efektif.

Berikut ini adalah alasan mengapa banyak orang mendirikan organisasi, yaitu:
  • Sebagai sarana sosial, yang dimana pada hakekatnya manusia adalah "zoon politicon", yaitu makhluk hidup yang tidak dapat hidup sendiri, melainkan berkelompok. sehingga manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain.
  • Sebagai sarana berbagi ilmu & materi, dimana dengan adanya organisasi tersebut, maka manusia mendapatkan informasi yang dibutuhkan.


Dan ada beberapa ciri - ciri organisasi sosial, diantaranya:
  1. Rumusan batas-batas operasionalnya (organisasi) jelas.
  2. Memiliki identitas yang jelas. dan
  3. Setiap keanggotaan formal, berstatus, dan mempunyai peran masing-masing.


Organisasi juga dibedakan menjadi 2, yaitu:
  • Organisasi yang berbadan hukum (bagian dari pemerintahan dan organisasi yang mendapat persetujuan pemerintah, misalnya DPR, Muhammadiyah, NII, dan sebagainya).
  • Organisasi yang tidak berbadan hukum (bagian dari sekumpulan orang yang bertujuan sama, misalnya Komunitas yang berdasarkan hobi, BEM Universitas, dan sebagainya).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar