Kamis, 13 Oktober 2011

Resume Kelompok 4: Arti penting Komunikasi Dalam Organisasi

Manusia adalah makhluk sosial, dimana kegiatannya tidak lepas dari berinteraksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain. tanpa adanya komunikasi, manusia akan sulit untuk hidup, karena mengingat manusia juga makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, tetapi membutuhkan bantuan orang lain.

Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain. komunikasi dapat berupa lisan dan non lisan.
Komunikasi berasal dari bahasa latin "communicare" yang berarti memberitahukan. dalam kata lain, komunikasi bisa disebut juga sebagai penghubung.

Apabila terjadi kesalahan dalam penyampaian komunikasi, maka dapat timbul Miss Communication yang berarti maksud dan tujuan dari seorang komunikator tidak tersampaikan dengan baik. Biasanya, penyebab terjadinya hal ini dikarenakan perbedaan bahasa dan penulisan emosional (penggunaan emote, tanda baca, besar kecilnya huruf, dan semacamnya).

Komunikasi dalam organisasi adalah interaksi dalam menyampaikan pesan atau pendapat antara pemimpin dan anggotanya maupun sesama anggota.

Ada dua jenis komunikasi, yaitu:
  • Komunikasi non verbal. Adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung, tidak bertatap muka sesama penyampai pesan. contoh: komunikasi non verbal adalah sms, telepon, email, maupun chatting.
  • Komunikasi Verbal. Adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung, tidak melalui perantara apapun. contoh: komunikasi verbal adalah berbicara secara langsung. face to face atau heart to heart.


Diantara dua jenis komunikasi, komunikasi yang paling efektif adalah dengean cara verbal atau berbicara secara langsung. karena ekspresi wajah dan intonasi dalam penekanan dalam berbicara sangatlah mempengaruhi pemahaman si penerima informasi dibanding emote yang digunakan dalam komunikasi non verbal (seperti sms & chatting).

Komunikasi dalam pelaksnaannya ada dua macam, yaitu:
  • Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi.
  • Komunikasi Informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.


Berikut ini merupakan hambatan yang mungkin terjadi dalam komunikasi:
  • Kurangnya pengetahuan sang komunikator (penyampai pesan)
  • Perbedaan latar belakang pendidikan antara komunikator dengan komunikan
  • Kurang mendalami teknologi komunikasi
  • Perbedaan dalam penafsiran bahasa
  • Jarak antara komunikator dengan komunikan
  • Komunikasi yg panjang dan bertele-tele
  • Pengaruh panca indra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar