Sabtu, 11 Agustus 2012

My Twitter Account Just Got Hacked

Belakangan ini, saya baru saja kena musibah. Tepatnya pada tanggal 9 Agustus 2012, akun twitter saya di hack oleh seseorang yang tidak diketahui identitasnya. begini sedikit kronologisnya.

Pada tanggal 9 Agustus, saya sedang pergi bersama keluarga dan berencana untuk buka puasa di luar rumah. sehingga pada hari itu, dari pagi sampai sore saya tidak sempat "ngetweet" satupun kalimat. nah mungkin ini celah yang ditunggu-tunggu oleh sang Hacker, dia menunggu saat akun saya "lemah" (jauh dari jangkauan saya, tidak ngetweet dalam satu hari itu). saya mulai ngetweet lagi menjelang Maghrib, menunggu Adzan dan berbuka puasa. lalu sesampainya di rumah, seperti biasa, saya selalu login akun social media saya (Facebook, Twitter, dst) di 2 tempat (aplikasi dan browser). lalu saya mulai curiga saat saya tidak bisa login twitter melalui browser. selalu saja salah password. saat saya cek email, ternyata seseorang telah mengubah email dan password twitter saya 2 jam sebelum saya berbuka puasa.

lalu bagaimana reaksi saya? jelas, saya kesana kemari pusing memikirkan cara mengembalikan akun saya. beruntungnya, saya masih bisa ngetweet dari handphone dan aplikasi Tweetdeck di PC saya. lalu saya mencoba untuk menenangkan diri dan mencari cara untuk recover ke semula.
setiap tips dan trick yang saya dapat, selalu mengarah kepada "support", dan tidak sedikit juga yang memberikan feedback buruk tentang pelayanan Twitter Support tersebut. singkat kata, kebanyakan dari mereka menyarankan untuk merelakan akun yang sudah diambil hacker tersebut. namun saya tidak ingin menyerah, saya terus mencoba untuk mendapatkan kembali.
disini, saya ingin memberikan tips dan trick untuk menanggulangi masalah seperti ini, jika saja anda atau salah satu dari pembaca mengalaminya. ini berdasarkan pengalaman saya, semoga bermanfaat. setelah ini saya akan menjelaskan bagaimana saya mendapatkan kembali dan penanggulangannya.


sebelumnya, saya ingin pastikan untuk semua yang merasa akun twitternya itu penting.
1. setiap email yang didaftarkan untuk akun twitter atau social media lainnya, harap selalu dipantau (selalu aktif menerima email notification). paling tidak seminggu sekali di cek. hanya untuk memastikan tidak terjadi apa-apa. jangan lupa juga untuk tetap siaga menyediakan backup plan jika saja email anda yang di hack.
2. gunakan password yang agak sulit. misalnya kombinasi angka dan simbol. hindari tanggal lahir, tanggal jadian sama pacar, nama panjang, nama keluarga, ataupun nama pacar.
3. sambungkan nomor handphone anda ke akun twitter / social media anda yang menurut anda penting. jaman sekarang sudah banyak social media yang mendukung fitur SMS Verification.

nah berikut ini step untuk mendapatkan kembali akun social media anda (dalam kasus ini, Twitter).
cobalah reset password terlebih dahulu. cek apakah ada konfirmasinya di email anda. jika ada, maka anda bisa mendapatkan kembali akun Twitternya.

jika tidak mendapatkan konfirmasi, coba cek seisi email anda. apakah ada email seperti dibawah ini? jika ya, berarti email dan password twitter anda telah diganti oleh sang Hacker.



jangan panik! masih ada cara untuk merecover kembali akun anda. jika anda selalu memantau email yang didaftarkan ke twitter, maka ini akan jadi senjata anda.
buka link yang ada pada email tersebut (support.twitter.com/forms/hacked), lalu isi seperti ini.

lalu akan muncul form ini:
setelah itu, anda akan mendapatkan email balasan di email yang telah ditulis di kolom "Account Email".
mereka akan menanyakan data-data anda, seperti:
  • username twitter
  • email yang didaftarkan dengan twitter
  • terakhir kali mengakses akun twitter
  • nomor telf yang terdaftar di akun twitter (jika tidak ada, kosongkan).

cukup reply email tersebut dengan form seperti ini:

username: @....
email addresses:
last date access:
phone number: (jika sudah didaftarkan sebelum di hack)

sampai sini, tugas anda selesai. hanya bersabar dan berharap agar cepat ditangani. saat itu, saya mendapatkan respon dalam 1x24 jam setelah mengirim email tersebut ke support.
setelah dibalas, segera lah ganti password anda.

berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya mencoba untuk sharing tips dan trick ini untuk membantu mengembalikan akun twitter yang terkena serangan Hack. semoga bermanfaat. :)

4 komentar:

  1. Udh dicoba kayak gitu masih ga bisa juga gimana ya?
    Emailnya diganti sama hackernya, anda bisa bantu tdk? Ga perlu dibalikin deh twitternya, yg penting itu twitter di hapus aja. Habisnya dimainin sama hackernya.tolong bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. email saya juga dulu di ganti, tapi setelah kirim email ke support, dalam 1x24 jam saya mendapat balasan dan twitter saya kembali pada settingan email awal.

      Hapus
  2. Tetep gabisa.. pas mau ng-resend password. emailnya tetep salah. bisa bantu tdk?

    BalasHapus
  3. tetap tidak bisa tolong lah bantu saya mengembalikan akun twitter saya :087890410770

    BalasHapus